#menubar{ width:900px; height:32px; background:#de360f; margin: 0 auto; } #menubar ul{ float:left; margin:0; padding:0; } #menubar li{ float:left; list-style:none; margin:0; padding:0; } #menubar li a, #menubar li a:link{ border-right:1px solid #F0512D; float:left; padding:8px 12px; color:#fff; text-decoration:none; font-size:13px; font-weight:bold; } #menubar li a:hover, #menubar li a:active, #menubar .current_page_item a { color:#ffa500; text-decoration:underline; } #menubar li li a, #menubar li li a:link, #menubar li li a:visited{ font-size: 12px; background: #de360f; color: #fff; text-decoration:none; width: 150px; padding: 0px 10px; line-height:30px; } #menubar li li a:hover, #menubar li li a:active { background: #F0512D; color: #ffa500; } #menubar li ul{ z-index:9999; position:absolute; left:-999em; height:auto; width:170px; margin-top:32px; border:1px solid ##F0512D; } #menubar li:hover ul, #menubar li li:hover ul, #menubar li li li:hover ul, #menubar li.sfhover ul, #menubar li li.sfhover ul, #menubar li li li.sfhover ul{ left:auto } #menubar li:hover, #menubar li.sfhover{ position:static }

Sabtu, 21 September 2013

Soal dan Pembahasan UN Fisika 2009/2010 P04



1. Perhatikan gambar pengukuran panjang balok disamping ini! Hasil pengukuran yang diperoleh adalah….
A. 3,00 cm
B. 3,04 cm
C. 3,09 cm
D. 3,19 cm
E. 4,19 cm


Jawaban :  D


2. Seorang anak berjalan lurus 10 meter ke barat kemudian belok ke selatan sejauh 12 meter, dan belok lagi ke timur sejauh 15 meter. Perpindahan yang dilakukan anak tersebut dari posisi awal….
A. 18 meter arah barat daya
B. 14 meter arah selatan
C. 13 meter arah tenggara
D. 12 meter arah timur
E. 10 meter arah tenggara


Pembahasan
Lebih dahulu tentukan posisi awal (O) dan posisi akhir (A) anak kemudian gunakan aturan Phytagoras :
OA=\sqrt{12^2+5^2} = 13 meter arah tenggara

Jawaban : C

3. Kecepatan (v) benda yang bergerak lurus terhadap waktu (t) diperlihatkan grafik v-t berikut! Benda akan berhenti setelah bergerak selama….


A. 4 sekon
B. 5 sekon
C. 8 sekon
D. 10 sekon
E. 20 sekon


Pembahasan
Dengan metode grafis membandingkan sisi samping dan sisi depan segitiga kecil dan segitiga besar, dapat diperoleh :
\frac{t}{20}=\frac{t - 4}{10}
t = 8 sekon

Jawaban : C
fisikastudycenter.wordpress.com

4. Dua benda A dan B masing-masing bermassa 2 kg dan 6 kg diikat dengan tali melalui sebuah katrol yang licin seperti gambar. Mula-mula benda B ditahan kemudian dilepaskan. Jika g = 10 ms-2 maka percepatan benda B adalah….
A. 8,0 ms-2
B. 7,5 ms-2
C. 6,0 ms-2
D. 5,0 ms-2
E. 4,0 ms-2

Pembahasan
Untuk soal dengan kondisi persis seperti soal diatas gunakan saja persamaan :
a= [\frac{\Delta m}{\Sigma m}] \times g = [\frac{6-2}{6+2}] \times 10= 5\quad ms^{-2}


Jawaban :  D

5. Perbandingan kuat medan gravitasi bumi untuk dua benda, yang satu dipermukaan bumi dan satu lagi di ketinggian yang berjarak ½ R dari permukaan bumi (R = jari-jari bumi) adalah….
A. 1 : 2
B. 2 : 3
C. 3 : 2
D. 4 : 9
E. 9 : 4

Pembahasan
\frac{g_1}{g_2}=[\frac{R_2}{R_1}]^2
\frac{g_1}{g_2}=[\frac{(1/2)R+R}{R}]^2
\frac{g_1}{g_2}=[\frac{(3/2)R}{R}]^2=\frac{9}{4}

Jawaban :  E

6. Diagram melukiskan benda bidang homogen dengan ukuran seperti gambar! Koordinat titik berat benda gabungan adalah…
A. (3 ; 2,7)
B. (3 ; 3,6)
C. (3 ; 4,0)
D. (3 ; 4,5)
E. (3 ; 5,0)


Pembahasan
Titik berat gabungan benda
Y_0 = \frac{A_1Y_1+A_2Y_2}{A_1+A_2}
masukkan data
Y_0 = \frac{(3)(2)(3/2)+(1/2)(6)(6)(5)}{(3)(2)+(1/2)(6)(6)} =4
Jawaban : C.  (3 ; 4,0)

7. Sebuah katrol dari benda pejal dengan tali yang dililitkan pada sisi luarnya ditampilkan seperti gambar! Gesekan katrol dengan tali dan gesekan disumbu putarnya diabaikan. Jika momen inersia katrol I = β dan tali ditarik dengan gaya tetap F, maka hubungan yang tetap untuk menyatakan percepatan tangensial katrol adalah….
A. α = F.R. β
B. α = F.R. β2
C. α = F.(R. β)—1
D. α = F.R. (β)—1
E. α = (F.R) —1. β

Pembahasan
Jika  yang dimaksud adalah percepatan sudut  maka:
\Sigma \tau = I \alpha
FR =\beta \alpha
\alpha =\frac{(FR)}{\beta}=FR[\beta]^{-1}

Jawaban :  D
Jika yang dimaksud adalah percepatan tangensial
a=\alpha R

Dimana:
a = percepatan tangensial = percepatan singgung
\alpha = percepatan sudut = percepatan anguler
R = jari-jari

Dalam soal diatas percepatan tangensial (a) dilambangkan dengan  \alpha (memungkinkan terjadi kerancuan antara  \alpha yang  biasanya dipakai untuk lambang kecepatan sudut atau anguler dengan \alpha dalam lambang soal di atas) sehingga:
\alpha = (FR\beta^{-1})R=FR^2\beta^{-1}

Jawaban :  –
fisikastudycenter.wordpress.com
8. Perhatikan gambar perpindahan balok, sebagai berikut. Jika koefisien gesekan kinetik antara balok dan lantai μk = 0,5, maka nilai perpindahan benda (S) adalah….. Anggap  g = 10 m.s-2

A. 5,00 m
B. 4,25 m
C. 3,00 m
D. 2,50 m
E. 2,00 m

Pembahasan
f_kS =\frac{1}{2}mv^2
\mu_kNS=\frac{1}{2}mv^2
\mu_kmgS=\frac{1}{2}mv^2
\frac{(5)}{(10)}(4)(10)(S)=(\frac{1}{2})(4)(5)^2
S = 2,5 meter

Jawaban :  D

9. Percobaan menggunakan pegas yang digantung menghasilkan data sebagai berikut:
F = gaya beban pegas, Δx = pertambahan panjang pegas. Dapat disimpulkan pegas memiliki tetapan sebesar….


A. 800 N.m-1
B. 80 N.m-1
C. 8 N.m-1
D. 0,8 N.m-1
E. 0,08 N.m-1

Pembahasan
Dari salah satu data pada tabel
k=\frac{F}{\Delta x} =\frac{88}{0,11}
k = 800 N.m-1

Jawaban : A

fisikastudycenter.wordpress.com
10.  Tiga pegas identik dengan konstanta 1000 N.m—1 disusun seperti gambar. (ΔL = pertambahan panjang pegas). Anggap susunan pegas hanya dipengaruhi oleh beban. Jika susunan pegas diberi beban sehingga bertambah panjang 6 cm, maka pertambahan panjang masing-masing pegas adalah….



Pembahasan

Pertambahan panjang pegas masing-masing adalah (6  cm : 3 ) = 2 cm untuk masing-masing pegas

Jawaban : A

11. .  Sebuah balok bermassa m kg dilepaskan dari puncak bidang miring yang licin seperti gambar. Perbandingan energi potensial dan energi kinetik balok ketika berada dititik M adalah….

A. Ep : Ek = 1 : 3
B. Ep : Ek = 1: 2
C. Ep : Ek = 2 : 1
D. Ep : Ek = 2 : 3
E. Ep : Ek = 3 : 2

Pembahasan
Dari Hukum Kekekalan Energi Mekanik
E_{pM}+E_{kM}=mg(1)h
Karena
E_{pM}=\frac{1}{3}mgh
maka
E_{kM}=\frac{2}{3}mgh
Lihat bahwa (1/3) + (2/3) = 3/3 = 1
\frac{E_p}{E_k}=\frac{(1/3)}{(2/3)}=\frac{1}{2}

Jawaban : B
12. Sebuah peluru karet berbentuk bola massanya 60 gram ditembakkan horizontal menuju tembok seperti gambar. Jika bola dipantulkan dengan laju sama, maka bola menerima impuls sebesar….

A. 12 N.s
B. 6 N.s
C. 5 N.s
D. 3 N.s
E. 2 N.s

Pembahasan
Impuls:
I= \Delta P = m(V_2-V_1)=[\frac{60}{1000}][50-(-50)]
I = 6 N.s
[Perhatikan tanda (+)/(–) pada v, jika ke kanan (+) maka ke kiri (–) atau sebaliknya]


Jawaban : B
13. Sepotong uang logam bermassa 50 g bersuhu 85 °C dicelupkan ke dalam 50 g air bersuhu 29,8 °C (kalor jenis air = 1 kal.g —1 .°C—1 ). Jika suhu akhirnya 37 °C dan wadah tidak menyerap kalor, maka kalor jenis logam adalah…
A. 0,15 kal.g -1 .°C-1
B. 0,30 kal.g -1 .°C-1
C. 1,50 kal.g -1 .°C-1
D. 4,8   kal.g -1 .°C-1
E. 7,2   kal.g -1 .°C-1

Pembahasan
Asas pertukaran kalor:
m_Lc_L\Delta T_L=m_ac_a\Delta T_a
(50)(c_L)(85-37)=(50)(1)(37-29,8)
48c_L=7,2
c_L=\frac{7,2}{48}=0,15

Jawaban : A
14. Pernyataan di bawah ini yang berkaitan dengan gaya angkat pada pesawat terbang yang benar adalah….
A. Tekanan udara di atas sayap lebih besar daripada tekanan udara di bawah sayap
B. Tekanan udara dibawah sayap tidak berpengaruh terhadap gaya angkat pesawat
C. Kecepatan aliran udara di atas sayap lebih besar daripada kecepatan aliran udara dibawah sayap
D. Kecepatan aliran udara di atas sayap lebih kecil daripada kecepatan aliran udara dibawah sayap
E. Kecepatan aliran udara tidak mempemgaruhi gaya angkat pesawat

Pembahasan

Pada sayap pesawat berlaku untuk gaya angkat (ke atas) :
Fbawah > Fatas
Pbawah > Patas
Vbawah < Vatas

Jawaban : C
15. Suatu gas ideal mula-mula menempati ruang yang volumenya V dan tekanan P. Jika suhu gas menjadi 5/4  T dan volumenya menjadi 3/4  V, maka tekanannya menjadi….
A. 3/4 P
B. 4/3 P
C. 3/2 P
D. 5/3 P
E. 2 P

Pembahasan
\frac{P_1V_1}{T_1}=\frac{P_2V_2}{T_2}
\frac{PV}{T}=\frac{(P_2)(3/4V)}{(5/4)T}
P_2=\frac{5}{3}P


Jawaban :  D
fisikastudycenter.wordpress.com
16. Suhu gas ideal dalam tabung dirumuskan sebagai E_k=\frac{3}{2}kT , T menyatakan suhu mutlak dan E = energi kinetik rata-rata molekul gas. Berdasarkan persamaan diatas….
A. Semakin tinggi suhu gas, energi kinetiknya semakin kecil
B. Semakin tinggi suhu gas, gerak partikel gas semakin lambat
C. Semakin tinggi suhu gas, gerak partikel gas semakin cepat
D. Suhu gas berbanding terbalik dengan energi kinetik gas
E. Suhu gas tidak mempengaruhi gerak partikel gas
Pembahasan
Energi kinetik partikel gas ideal:
Dari persamaan terlihat bahwa Ek sebanding dengan suhu gas, semakin tinggi suhu gas, semakin besar Energi kinetik gas (gerak partikel menjadi lebih cepat)
Jawaban : C
17. Diagram P-V dari gas helium yang mengalami proses termodinamika ditunjukkan seperti gambar berikut! Usaha yang dilakukan gas helium pada proses ABC sebesar….

A. 660 kJ
B. 400 kJ
C. 280 kJ
D. 120 kJ
E. 60 kJ


Pembahasan
Usaha = Luas Kurva
= (3,5—1,5)(4—2 )105 =400 kJ

Jawaban : B
fisikastudycenter.wordpress.com
18. Perhatikan diagram pembentukan bayangan alat optik X.
Benda A diletakkan 3 cm dari lensa obyektif. Jika jarak fokus lensa obyektif dan okuler masing-masing 2 cm dan 6 cm (Sn = 30 cm), maka perbesaran sudut bayangan yang terjadi adalah….
A. 4 kali
B. 6 kali
C. 8 kali
D. 10 kali
E. 20 kali
Pembahasan
Perbesaran sudut :
M =[\frac{S'_{0b}}{S_{ob}}][\frac{S_n}{f_{ok}}]
[Mata pengamat tidak berakomodasi, ditandai dengan garis sejajar menuju mata pengamat]
Dengan S’ob
\frac{1}{S'_{ob}}=\frac{1}{f_{ob}}-\frac{1}{S_{ob}}
\frac{1}{S'_{ob}}=\frac{1}{2}-\frac{1}{3}=\frac{1}{6}
S'_{ob}=6
Dan fok = 6 cm

M = [\frac{6}{3}][\frac{30}{6}]
M = 10 kali

Jawaban :  D
19. Urutan jenis gelombang elektromagnetik dari frekuensi besar ke kecil adalah….
A. Gelombang radio, inframerah, cahaya tampak, sinar X
B. Sinar γ, ultraviolet, inframerah, gelombang mikro
C. Sinar γ, inframerah, ultraviolet, gelombang radio
D. Gelombang mikro, cahaya tampak, ultraviolet, sinar X
E. Gelombang mikro, cahaya tampak, inframerah, sinar X
Pembahasan
Urutan spektrum gelombang elektromagnetik dari frekuensi besar ke kecil :
(1)   Sinar gamma
(2)   Sinar rontgen (X)
(3)   Sinar ultra ungu / ultraviolet
(4)   Sinar tampak
(5)   Sinar inframerah
(6)   Gelombang RADAR
(7)   Gelombang TV
(8)   Gelombang Radio
(Gelombang mikro : RADAR, TV, Radio)

Jawaban :  B
20. Jenis gelombang elektromagnetik yang dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit adalah….
A. Inframerah
B. Sinar X
C. Sinar gamma
D. Ultraviolet
E. Cahaya tampak

Jawaban : D
21. Suatu gelombang berjalan merambat melalui permukaan air dengan data seperti pada diagram!
Bila AB ditempuh dalam waktu 8 s; maka persamaan gelombangnya adalah….
A. Y = 0,03 sin 2𝝅 (0,5t – 2x) m
B. Y = 0,03 sin 𝝅 (0,5t – 2x) m
C. Y = 0,03 sin (5t – 0,5x) m
D. Y = 0,06 sin (5t – 0,5x) m
E. Y = 0,06 sin (2t – 0,5x) m

Pembahasan
Persamaan gelombang:
Y=Asin2\pi(\frac{t}{T}-\frac{x}{\lambda})\quad m
Y=0,03sin2\pi(\frac{t}{4}-\frac{x}{1})\quad m
Y=0,03sin2\pi(0,25t-x)\quad m
Y=0,03sin\pi(0,5t-2x)\quad m

Jawaban : B
22.  Perhatikan diagram difraksi celah ganda (kisi) dengan data berikut ini.
Jika panjang gelombang berkas cahaya 6000Å dan jarak antar celah 0,6 mm, maka jarak antara terang pusat dengan gelap pertama pada layar adalah….

A. 0,2 mm
B. 0,4 mm
C. 0,6 mm
D. 0,9 mm
E. 1,2 mm
Pembahasan
Jarak gelap ke-n pada celah ganda:
\frac{dY}{L}=n\lambda
dengan n = 1
Tanpa menghitung pangkatnya (karena option pilihan beda semua!) maka :
\frac{(6)Y}{8}=\frac{1}{2}(6)
Y=\frac{8}{2}=4

Jawaban : B. 0,4 mm

fisikastudycenter.wordpress.com
23.  Bunyi klakson sebuah sepeda motor saat dibunyikan menghasilkan taraf intensitas 40 dB, sedangkan bunyi klakson sebuah mobil saat dibunyikan adalah 60 dB. (Io = 10-12 W.m-2). Jika 100 klakson sepeda motor dan 10 klakson mobil serentak dibunyikan, maka perbandingan taraf intensitas sepeda motor dengan mobil adalah…
A. 5 : 6
B. 6 : 7
C. 7 : 8
D. 8 : 9
E. 9 : 10

Pembahasan
Taraf intensitas bunyi untuk banyak sumber :
TI_n=TI_1+10log(n)
Sehingga
\frac{TI_{motor}}{TI_{mobil}}=\frac{40+10log(100)}{60+10log(10)}
\frac{TI_{motor}}{TI_{mobil}}=\frac{60}{70}=6:7

Jawaban : B
24. Mobil pemadam kebakaran sedang bergerak dengan laju 20 m.s-1 sambil membunyikan sirine pada frekuensi 400 Hz (cepat rambat bunyi diudara 300 m.s-1). Jika mobil pemadam kebakaran bergerak menjauhi seseorang yang sedang berdiri di tepi jalan, maka orang tersebut akan mendengar frekuensi sirine pada frekuensi….
A. 375 Hz
B. 575 Hz
C. 600 Hz
D. 620 Hz
E. 725 Hz
Pembahasan
Efek Doppler, frekuensi yang didengar pendengar:
f_p=[\frac{300}{300+20}]\times 400=375\quad Hz

Jawaban ; A
25. Tiga buah muatan listrik diletakkan terpisah seperti gambar!
Resultan gaya yang bekerja pada muatan +q adalah F1. Jika muatan – 2 q digeser menjauhi muatan + q sejauh a, maka resultan gaya yang bekerja pada muatan +q menjadi F2. Nilai perbandingan F1 dengan F2 adalah…
A. 2 : 5
B. 5 : 2
C. 5 : 8
D. 8 : 1
E. 8 : 5
Pembahasan
\frac{F_1}{F_2}=\frac{2F}{[F+(1/4)F]}=\frac{2}{5/4}=\frac{8}{5}


Jawaban : E
26. Titik A terletak di tengah-tengah dua buah muatan yang sama besar tetapi berlainan jenis yang terpisah sejauh a. Besar kuat medan listrik di titik A saat itu 36 NC– 1 . Jika titik A tersebut digeser  1/4 a mendekati salah satu muatan maka besar kuat medan listrik di titik A setelah digeser menjadi….
A. 4 NC –1
B. 16 NC –1
C. 32 NC –1
D. 40 NC –1
E. 80 NC –1
fisikastudycenter.wordpress.com

Pembahasan
Untuk lebih memudahkan analisa, ubah jarak antar muatan menjadi 2x ( a = 2x) seperti gambar dibawah ini :
Kondisi I
EI = E + E = 2 E
Kondisi II
E_{II}=\frac{4}{9}E+\frac{4}{1}E
\frac{E_2}{E_1}=\frac{(4/9)E+(4/1)E}{2E}
\frac{E_2}{36}=\frac{(4/9)+(4/1)}{2}=\frac{160}{72}
E_2= [\frac{160}{72}] \times 36=80\quad NC^{-1}
Jawaban :  E

27. Perhatikan faktor-faktor berikut ini!
(1)   Konstanta dielektrik
(2)   Tebal pelat
(3)   Luas pelat
(4)   Jarak kedua pelat
Yang mempengaruhi besarnya kapasitas kapasitor keping sejajar jika diberi muatan adalah….
A. (1) dan (2) saja
B. (3) dan (4) saja
C. (1), (2), dan (3)
D. (1), (2), dan (4)
E. (1), (3), dan (4)
Pembahasan
Faktor-faktor yang mempengaruhi kapasitas kapasitor :
C=k\frac{A\epsilon_0}{d}
(1)   Konstanta dielektrik / bahan dielektrik / bahan penyisip antara 2 keping
(2)   Luas tiap keping
(3)   Permitivitas udara (juga permitivitas relatif bahan)
(4)   Jarak antara dua keping
(terkadang dimasukkan faktor VOLUME, karena perkalian antara luas dan jarak keping)


Jawaban : E. (1), (3) dan (4)
Catatan : Untuk soal yang setipe dengan soal di atas, jangan sampai memilih beda potensial (tegangan) dan muatan pada kapasitor sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kapasitas kapasitor bila ada dalam option pilihan, meskipun ada rumus Q = CV
28. Sebuah lampu X dihubungkan dengan sumber tegangan searah seperti pada gambar di bawah. Daya lampu X adalah….

A. 150 W
B. 275 W
C. 300 W
D. 425 W
E. 490 W
fisikastudycenter.wordpress.com
Pembahasan
Daya pada lampu (P)
P=I^2R=[\frac{70}{100}\times 10A]^2\times (10\Omega)=490\quad watt


Jawaban : E
29. Rangkaian sederhana 3 hambatan identik R seperti gambar. Jika titik A dan C diberi beda potensial 120 volt, maka potensial VAB adalah….

A. 48 volt
B. 72 volt
C. 80 volt
D. 96 volt
E. 100 volt

Pembahasan
Dengan prinsip pembagi tegangan:
V_{AB}=[\frac{R_{AB}}{R_{AB}+R_{BC}}]\times 120\quad volt
masukkan data dari soal
V_{AB}=[\frac{R}{R+(1/2)R}]\times 120\quad volt
nilai tegangan antara titik A dan B adalah
V_{AB}=(2/3)\times 120=80\quad volt

Jawaban : C

30.  Dua kawat penghantar dialiri arus listrik dengan arah dan besar seperti gambar (μo = 4𝝅.10 – 7 Wb (Am)– 1 ).
Nilai induksi magnet di titik Q adalah….
A. 8.10–5 tesla masuk bidang gambar
B. 4√2.10–5 tesla masuk bidang gambar
C. 2√2.10–5 tesla keluar bidang gambar
D. 2√2.10–5 tesla masuk bidang gambar
E. √2. 10–5 tesla keluar bidang gambar

Pembahasan
Kuat medan magnet pada kawat penghantar lurus panjang :
B=\frac{\mu_oI}{2\pi a}
Untuk dua kawat pada soal:
B=B_1+B_2
karena arahnya sama-sama masuk, maka dijumlahkan.
B=\frac{\mu_oI_1}{2\pi a_1}+\frac{\mu_oI_2}{2\pi a_2}
B=2\sqrt{2}\times 10^{-5}\quad Tesla
Arah masuk ke bidang gambar


Jawaban: D





31.  Sebuah elektron bergerak dari titik A dengan kecepatan v memasuki medan magnet homogen B, secara tegak lurus. Salah satu lintasan yang mungkin dilalui elektron adalah….
A. Mengikuti lintasan I
B. Mengikuti lintasan II
C. Mengikuti lintasan III
D. Masuk ke bidang gambar
E. Keluar dari bidang gambar
Pembahasan
Kaidah tangan kanan untuk menentukan arah gaya Lorentz pada muatan :
- Ibu jari : arah gerak muatan listrik(v)
- 4 jari : arah medan magnet (B)
- Telapak tangan : arah gaya (F) jika  muatan positif
- Punggung tangan: arah gaya (F) jika muatan negatif
Sesuai kaidah tangan kanan maka arah elektron yang benar adalah lintasan I

Jawaban : A

32. Gambar disamping menunjukkan rangkaian alt-alat yang digunakan untuk percobaan GGL induksi. Di antara faktor-faktor di bawah ini
(1)   Jumlah lilitan (N)
(2)   Kekuatan fluks (B)
(3)   Kecepatan relatif dari magnet
(4)   Diameter kawat kumparan
(5)   Kuat arus (i)
Yang berpengaruh terhadap besarnya GGL induksi yang dihasilkan adalah….
A. (1), (2), (3), (4), dan (5)
B. (1), (2), (3), dan (4) saja
C. (1), (2), dan (4) saja
D. (1), (2), dan (3) saja
E. (2), (3), dan (4) saja

Pembahasan
Faktor yang mempengaruhi besarnya GGL induksi adalah:
Jumlah lilitan, besar fluks magnet yang digunakan, kecepatan gerak magnet, luas penampang kumparan ( diwakili oleh jari-jari atau diameter kumparan)


Jawaban : B
fisikastudycenter.wordpress.com
33.  Perhatikan gambar rangkaian RLC berikut.  Besar impedansi pada rangkaian tersebut adalah…

A. 1600 Ω
B. 1500 Ω
C. 1300 Ω
D. 800 Ω
E. 600 Ω

Pembahasan
Impedansi rangkaian listrik bolak-balik:
Z=\sqrt{R^2+(X_L-X_C)^2}
Dengan Reaktansi induktif
X_L=\omega L=(100)(8)=800\quad \Omega
dan reaktansi kapasitif
X_C=\frac{1}{\omega C}=\frac{1}{(100)(5\times 10^{-6}}=2000\quad \Omega
nilai impedansi rangkaian (Z)
Z=\sqrt{500^2+[800-2000]^2}=1300\quad \Omega

Jawaban : C
34. Suatu rangkaian seri R, L, dan C dihubungkan dengan tegangan bolak-balik. Apabila induktansi \frac{1}{25\pi^2} H dan kapasitas kapasitor 25 μF, maka resonansi rangkaian terjadi pada frekuensi…
A. 0,5 kHz
B. 1,0 kHz
C. 2,0 kHz
D. 2,5 kHz
E. 7,5 kHz

Pembahasan
Frekuensi rangkaian resonansi seri:
f=\frac{1}{2\pi \sqrt{LC}}
masukkan nilai induktansi dan kapasitansi, hati-hati dengan satuan
f=\frac{1}{2 \pi \sqrt{[\frac{1}{25\pi^2}]25\times 10^{-6}}}
nilai frekuensi (f) rangkaian
f=500\quad Hz=0,5\quad kHz


Jawaban : A

fisikastudycenter.wordpress.com
35. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
(1)   Atom terdiri dari elektron yang bermuatan negatif dan inti atom yang bermuatan positif.
(2)   Elektron mengorbit inti atom seperti planet mengorbit matahari
(3)   Elektron mengorbit inti atom pada orbit yang stasioner tanpa memancarkan energi.
Yang membedakan model atom Rutherford dan model atom Thomson adalah pernyataan….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1) saja
C. (2) saja
D. (3) saja
E. (1) dan (3) saja

Pembahasan
Model atom Thomson
(1)   Atom bukan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi (ada elektron)
(2)   Atom berbentuk bola padat dengan dengan muatan-muatan listrik positif tersebar merata di seluruh bagian bola, dan dinetralkan oleh elektron-elektron negatif yang melekat pada bola seragam seperti kismis yang melekat pada sebuah kue
Model atom Rutherford
(1)   Semua muatan positif dan sebagian besar massa atom berkumpul pada sebuah titik di tengah-tengah atom (inti atom)
(2)   Inti atom dikelilingi oleh elektron-elektron yang pada jarak relatif jauh, pada lintasan-lintasan seperti planet mengelilingi matahari pada tata surya
Model atom Bohr
(1)   Elektron atom hidrogen bergerak mengitari inti dalam orbit lingkaran (pengaruh gaya Coulomb)
(2)   Elektron berputar hanya melalui orbit-orbit stabil tertentu tanpa meradiasikan energi (orbit stationer)
(3)   Elektron dapat berpindah orbit dengan menyerap atau memancarkan energi
(4)   Ukuran orbit ditentukan oleh momentum sudut orbit elektron terhadap intinya yang memenuhi
mvr=nh/2𝝅
Kesimpulan yang bisa diambil :
-  Pernyataan atom terdiri dari elektron yang bermuatan negatif dan inti atom yang bermuatan positif bukan hanya pada Rutherford namun juga ada pada Bohr ( Thomson tidak ada).
-  Elektron pada Rutherford seperti planet yang mengorbit matahari, sementara pada Thomson seperti kue kismis.
-  Elektron mengorbit inti atom pada orbit yang stasioner tanpa memancarkan energi adalah milik Bohr.

Jawaban : C. (2) saja

Catatan : Jawaban soal di atas memungkinkan untuk diperdebatkan.
36. Jika persamaan energi lintasan elektron tunggal dari sebuah atom hidrogen adalah E_n=\frac{13,6}{n^2}eV , maka, sebuah elektron yang tereksitasi dari lintasan n = 1 ke n = 4 mengalami perubahan energi elektron sebesar….
A. 12,75 eV
B. 10,20 eV
C. 7,20 eV
D. 6,85 eV
E. 3,40 eV
Pembahasan
\Delta E=E_4-E_1
[\frac{13,6}{4^2}]-[\frac{13,6}{1^2}] =-12,75\quad eV
Ambil harga mutlaknya 12,75 eV


Jawaban : A
37.  Benda hitam dengan daya radiasi 150 watt, meradiasi gelombang inframerah sebesar 22% dari total radiasi cahaya yang dilepaskan. Jika panjang gelombang cahaya merah 6000 Å, maka jumlah foton yang dipancarkan tiap sekon adalah…. [h = 6,6 x 10—34 Js; c = 3 x 108 ms—1]

A. 2,0 x 1019 foton
B. 1,0 x 1020 foton
C. 1,2 x 1020 foton
D. 1,8 x 1020 foton
E. 2,0 x 1021 foton

Pembahasan
Besar energi foton
E=h\frac{c}{\lambda}
jumlah foton yang dipancarkan tiap detik
n= \frac{P_{cahaya}}{E_{foton}/sekon}
masukkan data yang ada
n = \frac{0,22\times 150}{6,6\times 10^{-34}\times \frac{3\times 10^8}{6000\times 10^{-10}}}
didapat jumlah foton (n)
n =1,0\times 10^{20}\quad foton tiap detik

Jawaban : B


38.   Elektron bermassa 9,0 x 10—31 kilogram bergerak dengan kecepatan 2,2 x 107 ms—1 (Tetapan Planck = 6,6 x 10—34 Js) memiliki panjang gelombang de Broglie sebesar…..
A.  3,3 x 10—11 m
B.  4,5 x 10—11 m
C.  5,2 x 10—11 m
D.  6,7 x 10—11 m
E.  8,0 x 10—11 m
Pembahasan
Panjang gelombang de Broglie:
\lambda = \frac{h}{mv}
\lambda = \frac{6,6\times 10^{-34}}{(9,0\times 10^{-31})(2,2\times^{7})}
\lambda = 3,3\times 10^{-11}\quad m
Jawaban : A
39. Massa inti atom 20Ca40   adalah 40,078 sma. Jika massa proton = 1,0078 sma dan neutron = 1,0087 sma, defek massa pembentukan  20Ca40 adalah….
A. 0,165 sma
B. 0,252 sma
C. 0,262 sma
D. 0,320 sma
E. 0,330 sma

fisikastudycenter.wordpress.com

Pembahasan
Defek massa (susut massa):
\Delta m = [(\Sigma p)(m_p)+(\Sigma n)(m_n)-(m_{inti})]
masukkan data dari soal diatas
\Delta m = [(20)(1,0078)+(20)(1,0087)-(40,078)]
\Delta m=0,252\quad sma


Jawaban : B

40. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1)   Sinar gamma digunakan untuk membunuh sel-sel kanker
(2)   Sinar gamma digunakan untuk mensterilkan alat-alat kedokteran
(3)   Sinar alfa digunakan untuk mendeteksi adanya kebocoran suatu pipa
(4)   Sinar beta digunakan untuk mendeteksi kebocoran suatu pipa
Pernyataan yang merupakan manfaat sinar radioaktif yang dihasilkan radioisotop adalah…
A. (1), (2), dan (3)
B. (1) dan (3) saja
C. (2) dan (4) saja
D. (1), (2), dan (4)
E. (1) dan (4) saja

Pembahasan

Sinar gamma untuk mendeteksi kedatangan pasokan cairan pada suatu pipa
Sinar beta untuk mendeteksi kebocoran suatu pipa
Sinar gamma untuk mensterilkan alat kedokteran dan membunuh sel kanker

Jawaban :  D

Rabu, 18 September 2013

Miss World Merendahkan Wanita


Written by | Selasa, 10 September 2013 | 0
massa-fpi-demo-tolak-ajang-miss-world-di-bundaran-hi-007-debby

Liputan Khusus Diskusi Aktual Pesantren Media Rabu, 4 September 2013

Rabu, 4 September 2013. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, Pesantren Media kembali mengadakan diskusi aktual, tentunya untuk membahas permasalahan-permasalahan yang sedang hangat dibicarakan atau diperdebatkan di media massa. Dengan harapan dapat menemukan sebuah ‘solusi’ yang tepat sesuai dengan Syariah Islam.
Akhir-akhir ini, di televisi-televisi dan media massa lainnya sedang heboh memberitakan terkait ‘Miss World’, dimana Indonesia menjadi tuan rumah pada ajang tersebut. Hal ini menimbulkan banyak pro dan kontra dari berbagai kalangan. Ada yang sangat menolak dan ngotot agar pemerintah membatalkan acara tersebut namun ada pula yang mendukung keras terselenggaranya ajang tersebut.  Oleh karena itu Pesantren Media mengambil tema ‘Miss World merendahkan wanita’ untuk diskusi aktual pekan ini.
Seperti biasa, dan selalu sama, diskusi aktual diadakan di Pesantren Media, dimulai pada pukul 10:30 dan diikuti oleh seluruh santri-santriwati Pesantren Media.
Namun yang berbeda dengan biasanya adalah sang moderator. Jika biasanya yang menjadi moderator adalah Santri Ikhwan, maka untuk kali ini yang ditunjuk adalah santri Akhwat, yaitu Neng Ilham.
Diskusi pun dimulai setelah moderator dan notulen siap. Tak ada prolog atau kalimat-kalimat pembuka dari moderator untuk mengawali diskusi inni, Neng Ilham hanya membukanya dengan salam kemudian langsung memberi kesempatan kepada seluruh peserta diskusi untuk bertanya terkait tema yang sedang dibicarakan.
Nampaknya banyak santri yang bertanya, terutama akhwat. Hampir dari semua akhwat mengangkat tangan.
Pertanyaan pun mereka bacakan satu-persatu. Dimulai dari pertanyaan-pertanyaan akhwat.
Yang pertama dibacakan adalah pertanyaan dari Fathimah. “Siapa saja yang akan berdosa jika miss world diadakan di negara muslim seperti Indonesia?”
Kemudian pertanyaan dari Icha. “Apakah benar miss world yang diadakan di Indonesia ini tidak menggunakan bikini?”
Pertanyaan dari Holifah. “Bagaimana sikap kita  sebagai remaja untuk menolak kontes Miss World ini?”
Selanjutnya adalah pertanyaan dari Novia. “Bagaimana Islam memandang acara miss world ini dan solusi apa yang paling tepat agar wanita muslimah di seluruh dunia bisa terhindar dari acara ini?”
Kemudian 2 Pertanyaan dari Nisa. “Apa hukumnya orang yang menghalangi aksi penolakan miss world? Dan apakah ada kegiatan seperti miss world di zaman nabi?”
Pertanyaan Alifa. “Apakah pantas acara miss world diadakan di negara yang mayoritas Islam seperti Indonesia?”
Pertanyaan dari Ela. “Menurut Produser RCTI, acara Miss World ini tidak akan merusak akhlak, bagaimana orang muslim menanggapi ini, padahal itu jelas-jelas akan merusak akhlak?”
Pertanyaan dari Putri. “Emangnya apa saja keuntungan jika sudah terpilih jadi Miss World?”
Lalu pertanyaan dari Daffa. “Tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk menolak miss world?”
Pertanyaan dari Tia. “Apa alasan pemerintah mengizinkan terselenggaranya miss world di Indonesia?”
Pertanyaan dari Via. “Mengapa Indnesia dipiih menjadi tuan rumah  pada ajang miss world, padahal Indonesia adalah negara  mayoritas Islam?”
Kemudian pertanyaan dari Mila. “Bagaimana sikap warga Bogor mengenai miss world yang diadakan di sentul  bogor? Dan Apa sikap bupati bogor atas penolokan kontes miss world ini?”
Dan pertanyaan akhwat yang terakhir adalah dari Hanifah. “Siapa saja yang diuntungkan jika miss world jadi diadakan di Indonesia?”
Itulah sederet pertanyaan-pertanyaan dari santri akhwat Pesantren Media. Mulai dari pertanyaan serius hingga pertanyaan lawakan.
Setelah semua santri akhwat membacakan pertanyaan-pertanyaannya masing-masing, kini giliran ikhwan diminta untuk membacakan pertanyaan bagi mereka yang ingin bertanya.
Pertanyaan pertama berasal dari Fadlan. “Apakah miss world pernah diadakan di arab?”
Kemudian yang kedua dari Ihsan. “Apakah ada gerakan dari MUI tentang permasalah Miss world ini dan apa gerakannya?”
Perrtanyaan dari Umar. “Apa dampak positif dan dampak negatif dari digelarnya miss world?”
Selanjutnya pertanyaan dari Rizki. “Apakah menolak miss world termasuk berjihad di jalan Allah?”
Pertanyaan dari Qois. “Bagaimanakah cara kaum wanita menghindari miss world dan apa keuntungan missworld?”
Kemudian pertanyaan dari Difa. “Apa tujuan diadakannya kontes miss world?”
Pertanyaan dari Hawari. “Apa enaknya nonton miss world sehingga orang-orang banyak yang ingin nonton?”
Dan pertanyaan yang terakhir adalah dari Abdullah. “Bagaimana dengan para karyawan yang bekerja dalam proses miss world. Berdosakah?”
Itulah pertanyaan-pertanyaan yang telah dikumpulkan dari beberapa peserta dikusi yang telah bertanya. Seluruhnya berjumlah 21 pertanyaan. Jumlah ini merupakan jumlah yang sangat banyak, karena pada diskusi-diskusi sebelumnya belum pernah sebanyak ini.
Waktu semakin dekat menuju Dzuhur. Khawatir waktu yang dimiliki tidak cukup, maka hanya dipilih beberapa pertanyaan saja untuk dibahas.
Pertanyaan pertama yang dibahas adalah pertanyaan dari Via, ‘Mengapa indnesia dipiih menjadi tuan rumah pada ajang miss world, padahal Indonesia adalah Negara dengan mayoritas Islam’.
Usai petanyaan dibacakan oleh notulen. Moderator menawarkan dan memberi kesempatan kepada peserta untuk menjawab.
Cylpa mengangkat tangan, ia mulai menjawab. “Mungkin karena indonesia memiliki pulau-pulau yang indah, sehingga menjadi pertimbangan untuk menjadi tuan rumah. Atau juga karena Indonesia sudah tidak punya harga diri lagi.”
Tak mau ketinggalan, Rizki salah satu santri ikhwan juga memberi komentarnya. “Karena itu merupakan salah satu taktik orang Amerika untuk menghancurkan negara dengan penduduk umat Islam terbesari di dunia yaitu Indonesia.” Tandansnya.
Hawari juga tidak ketinggalan memberikan jawaban. “Karena perwakilan Indonesia pernah beberapa kali menang di beberapa kategori miss world, jadi untuk kali ini dipilih sebagai tuan rumah.”
Antusias peserta diskusi ternyata begitu tinggi. Banyak yang terlihat berani mengangkat tangan. Selanjutnya giliran Holifah menjawab, “karena tahun lalu ketika di singapura perwakilan miss world  indonesia masuk 3 besar, shingga untuk tahun ini Indonesia dipilih jadi tuan rumah.”
Kemudian lagi jawaban dari Tya, “karena pemerintah ingin mencari keuntungan dari wanita-wanita Indonesia dan tidak mempertimbangkan hak-hak wanita, mereka lebih memilih keuntungan daripada hak-hak wanita.”
Dan peserta terakhir yang menjawab adalah Ela. “Karena pemerintah Indonesia ingin mencari keuntungan yang besar.” Jawabnya.
Itulah beberapa jawaban dari teman-teman Pesantren Media. Berbagai macam jawaban dari sudut pandang mereka masing-masing.
Karena tak ada jawaban lain lagi. Dan pertanyaan pertama sudah dirasa cukup, maka diskusi pun dilanjutkan dengan pembahasan pertanyaan selanjutnya, yaitu pertanyaan dari Fadlan, yang bertanya ‘apakah Miss World pernah diadakan di Arab?’
Kurasa itu sebuah pertanyaan yang sangat tak bermutu. Biasanya pertanyaan semacam ini muncul saat tak ada pertanyaan lagi yang dapat mereka pikirkan. Atau mungkin ini adalah pertanyaan yang sangat penting bagi Fadlan. Ah, ini tergantung prespektif masing-masing. Yang pasti diskusi masih berlangsung.
Terlihat, hanya Hawari yang bersemangat menjawab pertanyaan dari Fadlan tersebut. “Belum pernah.” Ujarnya singkat namun mengena. Tentu saja karena hanya itu jawaban yang diperlukan, tak perlu sebuah ‘alasan’ untuk pertanyaan semacam ini. Tak ada lagi yang terlihat menjawab.
Diskusi dilanjutkan dengan pembahasan pertanyaan selanjutnya. Yaitu pertanyaan dari Holifah, “Bagaimana sikap kita  sebagai remaja untuk menolak kontes Miss World ini?”
Pertanyaan yang cukup bagus dan cocok untuk pembahasan kali ini. Dan Fathimah menjadi peserta pertama yang ingin menjawab pertanyaan tersebut.
“Bergabung menolak sebisanya, seperti membuat poster penolakan yang disebarkan ke internet dan lain-lain.” Jawaban singkat dari Fathimah, santri angkatan kedua jenjang SMP.
Kemudian jawaban juga terdengar dari salah satu santri akhwat, yaitu Tya. “Ikut memperjuangkan dan membela risalah Islam dengan cara bersatu.” Ujarnya dengan singkat.
Kemudian Hawari juga turut bergabung memeriahkan dan menyetorkan jawabannya. “Kita tolak, namun jika tetap diselenggarakan kita datangi panggungnya dan kita bakar. Selain itu juga dapat dilakukan dengan membuat poster, dan membuat tulisan mengenai penolakan Miss World.”
Jawaban lain juga teregar dari Nisa, salah satu santri akhwat angkatan ke 3 jenjang SMA. “Tidak mengikuti adat yang dipentaskan dalam ajang ini, dan tetap berusaha memasyarakatkan atau menyebarkan titik negatif dari miss world ini kepada masyarakat agar mereka tahu bahwa Miss World adalah ajang yang buruk.”  Jawabnya.
Beberapa jawaban dari para peserta nampaknya sudah dapat menjawab pertanyaan dari Holifah tersebut. Maka tak ada alasan untuk tidak bergerak, diksui berlanjut ke pertanyaan selanjutnya, pertanyaan yang datang dari Alifa, “apakah pantas acara miss world diadakan di negara yang mayoritas Islam seperti Indonesia?”
“Menurut saya tidak pantas, jelas-jelas orang-orang islam sendiri di Indonesia banyak yang menolak.” Jawab Novia menanggapi pertanyaan tersebut.
“Nggak pantes lah. Diadakan dimana aja juga tetap gak pantes.” Jawaban dari Hanifa dengan versinya sendiri.
Tak mau kalah, Via juga turut memberikan jawabannya. “Nggak pantas, yang bilang pantas itu mungkin karena mereka menganggap ajang tersebut dapat menaikkan harga diri Indonesia, padahal kenyatannya tidak.” Tandasnya.
Kemudian jawaban terakhir untuk pertanyaan tersebut dilontarkan oleh Mas Farid. Menurutnya, “jelas itu tidak pantas digelar dimanapun apalagi di indonesia yang penduduknya merupakan muslim terbesar di dunia, apa kata dunia jika muslim terbesar saja mau menerima ajang ini, tentu ini akan menimbulkan anggapan negatif dari negara-negara lain.”
Nampaknya, 4 jawaban dari Novia, Hanifa, Via, dan Mas Farid tersebut sudah cukup untuk menjawab pertanyaan dari Alifa tersebut. Tak ada pertanyaan lagi, tak ada sanggahan, dan tak ada komentar, maka diskusi dilanjutkan.
Selanjutnya yang akan dibahas adalah pertnyaan dari Tya, “apa alasan pemerintah mengizinkan Indonesia menjadi tuan rumah digelarnya ajang Miss World?”
Ada banyak jawaban yang terdengar dari teman-teman Pesantren Media. Pada intinya mereka menjawab bahwa pemerintah Indonesia inging mencari keuntungan dari ajang ini, ingin mengangkat citra Indonesia di mata dunia dan agar kebudayaan Indonesia semakin terkenal sehingga akan menambah keuangan Negara.
Pertanyaan masih banyak yang belum dijawab. Namun, waktu nampaknya tidak sesuai dengan jumlah pertanyaan yang ada. Hanya tersisa beberapa menit lagi menuju waktu Dzuhur. Maka untuk diskusi kali ini, diputuskan untuk menjawab satu pertanyaan lagi. Maka pertanyaan terakhir tersebut adalah pertanyan dari Novia, “bagaimana Islam memandang acara miss world ini dan solusi apa yang paling tepat agar wanita muslimah di seluruh dunia bisa terhindar dari acara ini?”
Untuk pertanyaan tersebut, semua sepakat bahwa ajang Miss World merupakan ajang haram yang seharusnya tidak diadakan di negara muslim atau di negara manapun. Karena tak ada alasan lagi untuk tetap mempertahankan kontes aurat tersebut.
Islam melarang kita menampakkan atau melihat aurat orang lain. Lantas, argumen apa lagi yang pantas untuk tetap mempertahankannya. Dan sangat tidak pantas jika acara tersebut sampai terjadi di Negara Indonesia. Solusi yang terbaik, tentu dengan memperbaiki sistem pemerintahannya terlebih dahulu, merubahnya dengan sistem khilafah, sistem pemerintahan yang telah diajarkan Nabi SAW.

Proses kehidupan Sesudah Hari Akhir


Setelah hari kiamat manusia akan dibangkitkan kembali untuk dimintai pertanggungjawaban tentang amal perbuatannya yang telah dilakukan selama masih hidup di dunia. Saat itu manusia akan melewati 6 proses untuk mengetahui manusia tersebut akan masuk surga atau neraka.
Pertama manusia yang mati akan memasuki alam kubur yaitu alam yang menjadi batas antara dunia dan akhirat. Di alam ini terjadi proses yang disebut “Yaumul Barzah”. Saat proses ini terjadi, manusia berada dalam penantian untuk menghadap Allah SWT dalam mempertanggungjawabkan amal yang dilakukan selama di dunia.
Selanjutnya manusia akan memasuki proses yang kedua yaitu “Yaumul Ba’ats” yang disebut juga hari berbangkit. Pada hari inilah semua manusia akan dibangkitkan dari alam kubur menuju alam maksyar.
Yang ketiga adalah “Yaumul Maksyar” atau bisa disebut juga dengan tempat yang luas berupa padang dimana para manusia yang dibangkitkan kembali dari kuburnya dan akan menunggu pengabdian yang hakiki dari Allah SWT.
Manusia akan memasuki proses yang keempat, “Yaumul Hisab” atau bisa juga disebut hari perhitungan, dimana seluruh amal perbuatan manusia selama masih hidup di dunia akan diperhitungkan. Seluruh anggota badan para manusia akan memberi kesaksian kecuali mulut yang dikunci, sehingga tidak akan ada pendustaan saat amal perbuatan manusia diperhitungkan di hadapan Allah SWT.
Yang kelima disebut hari penimbangan atau dengan kata lain “Yaumul Mizan”. Hari ini semua amal perbuatan manusia selama hidup di dunia akan ditimbang. Fingsi daripada penimbangan tersebut adalah untuk menentukan manusia akan masuk ke dalam surga atau neraka.
Untuk proses yang terakhir adalah “Yaumul Jaza’” atau hari pembalasan dimana pada hari ini manusia akan dibalas amal perbuatannya dengan surga atau neraka sesuai dengan yang dilakukannya selama di dunia. Jika selama di dunia mereka berbuat baik, maka perbuatan mereka akan dibalas dengan surga. Begitu pula sebaliknya, jika selama di dunia mereka berbuat jahat, maka perbuatan mereka akan dibalas dengan neraka.